Minggu, Oktober 11, 2009

Pengertian tentang Kolesterol pada tubuh Manusia

Apa itu Kolesterol ?
Kolesterol adalah senyawa lemak kompleks yang terdiri dari 80% dihasilkan dari dalam tubuh (organ hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (zat makanan).
Kolesterol berada dalam zat makanan yang kita makan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, tetapi sejauh pemasukan seimbang dengan kebutuhan, tubuh akan tetap sehat.

Apakah Kolesterol berbahaya ?
Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) : Kolesterol ini mengangkut kolesterol paling banyak didalam darah. Tingginya kadar LDL menyebabkan pengendapan kolesterol dalam arteri. Kolesterol LDL ini merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner, sekaligus target utama dalam pengobatan.
Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) : Kolesterol HDL mengangkut kolesterol lebih sedikit dari LDL. Disebut baik karena dapat membuang kelebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diproses dan dibuang. HDL mencegah kolesterol mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

Mengapa Kolesterol harus dikontrol ?
Karena jika kadar kolesterol didalam darah (terutama LDL) melebihi nilai normal, maka risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke akan lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog